Home » » Antisipasi Meluasnya Serangan, Petani Mrisen Lakukan Gropyokan Tikus

Antisipasi Meluasnya Serangan, Petani Mrisen Lakukan Gropyokan Tikus

Written By portalpertanianjuwiring.blogspot.com on Selasa, 11 Desember 2012 | 10.35

Pagi ini, Selasa (11/12) petani Desa Mrisen, Kecamatan Juwiring melakukan gropyokan tikus bersama perangkat desa dan penyuluh pertanian (PPL) setempat. Gropyokan tikus yang dikoordinasi oleh Sriyadi, selaku ketua Kelompok Tani "Tani Mulyo" ini, melibatkan sekitar 30 orang dan bertempat di areal persawahan utara Dukuh Bawan. Peralatan yang digunakan berupa paket insektisida tiran-alpostran dan tongkat pemukul.

Menurut PPL Jaka Widada, "Gerakan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi meluasnya serangan tikus di wilayah ini. Sebelumnya sudah ada gejala serangan spot-spot namun tidak banyak". Dia menjelaskan walaupun serangan belum banyak tetapi harus diwaspadai sejak dini, mengingat perkembangbiakan tikus sangat cepat saat ini. "Gerakan akan dilanjutkan besok Jum'at", imbuhnya.

Ditemui terpisah, Mantri Tani Kecamatan Juwiring Saryoko SP, menghimbau bahwa gropyokan tikus massal seyogyanya dilakukan secara rutin dan saling berkoordinasi antar kelompok tani. Dia mengungkapkan, "Dengan melakukan gropyokan secara rutin maka perkembangbiakan tikus dapat dikendalikan". Terangnya pula, "Apalagi kalau mau berkoordinasi dengan kelompok-kelompok tani yang lain, sehingga gerakan benar-benar serempak paling tidak satu kecamatan".

Kegiatan yang berawal pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 09.30 WIB ini berhasil mendapatkan sekitar 200 ekor.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Post

Ini adalah konten dari artikel terbaru
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Portal Pertanian Juwiring - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger